Jumat , 19 September 2014
Iran-Rusia akan Mencegah Serangan ke Suriah

Iran-Rusia akan Mencegah Serangan ke Suriah

iranrusiaPresiden Iran Hassan Rohani dan  Vladimir Putin sepakat untuk meningkatkan upaya demi mencegah setiap tindakan militer terhadap Suriah.

Dalam percakapan telepon Rabu (28/8) malam, kedua presiden menekankan bahwa setiap aksi militer terhadap negara lain tanpa mandat PBB, merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional.

Rohani dan Putin menegaskan bahwa krisis Suriah harus diselesaikan melalui jalur diplomatik.

Menurut kantor berita IRNA, kontak telepon itu dilakukan tak lama setelah Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan tertutup untuk membahas draf resolusi Inggris, yang menuntut respon cepat untuk penggunaan senjata kimia di Suriah.

Rohani mengatakan, Tehran mengutuk keras setiap penggunaan senjata kimia di mana saja, tetapi menolak sikap tergesa-gesa untuk mengeluarkan putusan hukum sebelum semua aspek serangan jelas.

Presiden Iran menyatakan keprihatinan atas laporan bahwa Barat sedang mempersiapkan serangan ke Suriah dan memperingatkan setiap intervensi militer di negara strategis itu dapat menggoyahkan seluruh Timur Tengah.

Pada kesempatan itu, Putin juga membantah klaim yang dibuat oleh Amerika Serikat dan sekutunya bahwa pemerintah Suriah berada di balik  serangan kimia 21 Agustus.

Moskow berpendapat bahwa militer Suriah sedang meraih kemenangan di medan tempur dalam melawan militan. Oleh karena itu, mereka tidak butuh untuk menggunakan senjata kimia.

“Jika AS punya informasi yang membuktikan klaimnya tentang penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah, maka Washington harus berbagi informasi tersebut dengan inspektur PBB,” tambahnya.

Dia menegaskan Rusia membangun interaksi dengan semua pihak yang terlibat masalah Suriah, terutama Iran.

“Kami punya pengalaman kerjasama positif dalam isu-isu regional dengan Tehran dan saya menyerukan perluasan hubungan kedua negara,” ujar Putin. (IRIB Indonesia/RM/PH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

web log free